Kapolri Jadi Inspektur Upacara HUT Ke-78 Brimob

INLINK,DEPOK | Korps Brigade Mobil (BRIMOB) Polri mengelar upacara peringatan HUT nya yang Ke 78 dengan mengangkat tema “Negara Aman,Menuju Indonesia Maju”yang menjadi inspektur upacara Kapolri Jenderal Polisi.Drs.Listyo Sigit Prabowo,M.Si yang tampak mengenakan seragam Korps Brimob lengkap berwarna hitam dan baret hitam.Hut Brigade Mobil (Brimob) Polri ini dilaksanakan secara serentak oleh jajaran kesatuan Brimob di seluruh Indonesia,kegiatan peringatan Hut Brimob ke 78 tersebut di pusatkan di Lapangan Mako Brimob Kelapa Dua,Jl.Komjen Pol M.Jasin,Cimanggis,Kota Depok,Jawa Barat,Kamis,(16/11/2023).

Tampak hadir pada Hut Ke 78 Brimob tersebut Para Dan KorBrimob, Wadan KorBrimob pada masanya, Pejabat Utama Mabes Polri, Pejabat Utama TNI, Pejabat Utama Pemerintahan, Para Purnawirawan, Para Ibu Ibu Bhayangkari,dan para tamu undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Sebelum upacara dimulai Kapolri terlebih dulu mengecek kelengkapan 12 batalion,Dankor Brimob Irjen Imam Widodo beserta jajaran dan anggota yang mengikuti upacara. Listyo berekeliling lapangan upacara menggunakan mobil barakuda bersama Komandan Upacara HUT Brimob ke-78 Arief Budiman.

Dalam peringatan Hut Brimob kali ini diberikan gelar warga kehormatan Korps Brimob kepada Menteri ATR BPN Marsekal TNI (Purn) DR.(H.C) Hadi Tjahjanto,S.I.P. yang diberi sebagai Warga Kehormatan Utama KorBrimob Polri,KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto,S.E., M.SI yang diberi sebagai Warga Kehormatan Utama KorBrimob Polri,dan Kepala BNSP Kunjung Masehat, S.H.,M.M yang diberi sebagai Warga Kehormatan Madya KorBrimob Polri,ini berdasarkan Petikan Nomor: KEP/357/X/2023 Tanggal 31 Oktober 2023 Tentang Pemberian Penganugrahan Warga Kehormatan Korps Brimob Polri,ditanda tanggani Komadan Korps Brimob Polri Komjen Pol. Drs. Imam Widodo, M.Han yang memberikan gelar warga kehormatan (Wanhor) Kepada Pejabat Negara, Anggota TNI/Polri dan Masyarakat atas jasa jasanya dalam memberikan perhatian dan kontribusi terhadap pengembangan Korps Brimob Polri.

Selain pemberian penganugrahan warga kehormatan di dalam perayaan Hut Brimob yang di gelar tersebut juga diberikan tanda kehormatan Repulbik Indonesia “Satyalancana Pengabdian” Kepada para perwakilan anggota Krops Brimob Polri dari Presiden Repulbik Indonesia bagi yang telah menunjukan etika profesi secara terus menerus dan menjadi teladan bagi anggota Polri yang lainnya,yakni pengabdian 8 tahun, 16 tahun,24 tahun dan 32 tahun,pemberian tanda kehormatan itu diberikan secara langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si. berdasarkan Keppres RI Nomor: 19/September/2023.

Hut Krops Brimob ke 78 juga dimeriahkan dengan berbagai macam penampilan Atraksi seperti Atraksi Terjun Payung,Atraksi Bela Diri, Atraksi Paramotor,Simulasi Perlawanan teror dan juga peragan Defile pasukan upacara serta Berbagai macam kendaraan Taktis (Rantis) dan kendaraan Khusus (Ransus) Milik Korps Brimob Polri.

Dalam sambutannya Kapolri Jenderal Polisi Drs.Listyo Sigit Prabowo.M.Si menyampaikan.

“Saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-78 kepada seluruh keluarga besar pop Brimob Polri di manapun berada semoga terus jadi kebanggaan Polri yang se memberikan kontribusi indonesia.”ujarnya.

Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo juga menambahkan Korps Brimob merupakan pasukan elit Polri yang menjadi salah satu pilar kekuatan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Di era modern ini, Korps Brimob senantiasa bertransformasi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya untuk memberikan pengabdian terbaik bagi masyarakat Indonesia.

Kapolri Jenderal Polisi Drs.Listyo Sigit Prabowo.M.Si menegaskan,Dengan semangat dan jiwa korsa yang terus membara, semoga Korps Brimob semakin unggul dan profesional dalam mengemban amanah untuk menjaga keamanan Ibu Pertiwi serta mempererat persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka mewujudkan Indonesia yang maju, berdaulat, dan berkelanjutan.

“Saat ini kita tengah menghadapi tantangan ketidakpastian global yang melahirkan gejolak ekonomi global. Untuk menghadapinya, dibutuhkan tranformasi ekonomi yang harus didukung dengan stabilitas kamtibmas yang kondusif.”katanya.

Kapolri Juga dalam kesempatan tersebut juga mengingatkan,Hal ini sebagaimana penekanan Presiden Joko Widodo dalam sidang paripurna DPR RI tahun 2023 bahwa stabilitas keamanan itu penting dalam rangka pembangunan negara dan pertumbuhan ekonomi dalam situasi tidak pasti karena ketidakpastian global. Oleh sebab itu dalam rangka mendukung pembangunan dan pertumbuhan ekonomi nasional, terdapat berbagai tantangan stabilitas kamtibmas yang perlu menjadi perhatian Korps Brimob Polri.

“Namun saya yakin soliditas dan jiwa korsa yang kita miliki akan menjadi kekuatan, sehingga sosok Polri dapat senantiasa menyelesaikan tantangannya dengan Presisi,” tegasnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit menekankan agar menjaga terus kehormatan Korps Brimob Polri. Selain itu memegang teguh janji Brimob sejati yaitu Satya Haprabu, Hanyaken Musuh, Gineung Pratidina serta Tan Satrisna. Sikap serta tindakan Brimob harus dan hanya untuk NKRI dan masyarakat Indonesia.

“Selamat hari ulang tahun Ke-78 Korps Brimob Polri, negara aman menuju Indonesia maju. Jiwa ragaku demi kemanusiaan. Salam Brigade!” Pungkas Kapolri.

Sedangkan Komadan Krops Brigade Mobile (Brimob) Polri Komjen Pol. Drs. Imam Widodo, M.Han mengatakan.

“Saya sampaikan rasa terima kasih yang tidak terhingga kepada Bapak Kapolri atas segenap dukungan dan perhatiannya yang luar biasa melaksanakan ulang tahun,berangkat upacara tadi,saya sampaikan apresiasi penghormatan terima kasih kepada setiap Bhayangkara di mana pun saat ini bertugas, tetap semangat dan tetap dekatkan diri selalu kepada Tuhan Yang Maha Esa.”katanya.

(Redaksi)

Pos terkait