LANTAMAL III JAKARTA LAKSANAKAN APEL KESIAPAN PASUKAN PHH SIAGA PENGAMANAN PENGUMUMAN HASIL REKAPITULASI SUARA PEMILU TAHUN 2024

TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. diwakili Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Lantamal III Jakarta Letkol Marinir Ahmad Supriyadi, M.Tr.Opsla. melaksanakan apel kesiapan pasukan penanggulangan huru hara (PHH) dalam rangka siaga pengamanan pengumuman hasil rekapitulasi suara nasional pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) bertempat di lapangan apel Mako Lantamal III Jakarta Jl. Gunung Sahari No. 2 Ancol, Jakarta Utara, Rabu (20/03/2024).

Danlantamal III Jakarta di tempat terpisah mengatakan “Pada hari ini tanggal 20 Maret 2024 menjadi tahapan akhir hasil penghitungan rekapitulasi suara nasional Pemilu tahun 2024. Tentunya menjadi tugas dan kewajiban Lantamal III Jakarta untuk siaga apabila ada permintaan bantuan dari Polri dalam rangka melaksanakan pengamanan penghitungan rekapitulasi suara nasional dilanjutkan pengumuman penetapan hasil Pemilu tahun 2024. Kita melaksanakan pengecekan kesiapan personel dan alat perlengkapan pasukan PHH dengan tujuan untuk mengecek dan meyakinkan kesiapan seluruh prajurit Lantamal III Jakarta beserta kendaraan dan alat pengamanan yang akan digunakan. Seluruh prajurit Lantamal III Jakarta yang terlibat langsung dalam pasukan PHH harus memahami tugas dan aturan pelibatan di lapangan bila dibutuhkan”.

Selanjutnya Danlantamal III Jakarta menjelaskan “Laksanakan tugas pengamanan dengan tetap mengedepankan sikap profesionalisme, tegas dan humanis dalam menghadapi setiap gejolak di lapangan. Jangan mudah terprovokasi dan diadu domba antara TNI dengan Polri dan komponen masyarakat lainnya. TNI dan Polri harus selalu menjaga kekompakan, sinergitas dan soliditas dalam melaksanakan seluruh tahapan Pemilu tahun 2024, karena TNI dan Polri menjadi ujung tombak yang terdepan dalam menjaga keamanan dan stabilitas sehingga seluruh tahapan pelaksanaan Pemilu dapat berjalan dengan lancar, aman dan damai. Pasukan PHH Lantamal III Jakarta dan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) jajaran akan siap sedia melaksanakan pengamanan sebelum, selama dan sesudah Pemilu sampai dengan tahapan pengumuman dan pasca penetapan hasil Pemilu tahun 2024 khususnya di wilayah Jakarta Utara”.

Danlantamal III Jakarta menegaskan “Pegang teguh prinsip netralitas TNI dengan tidak memihak dan memberikan dukungan atau bantuan kepada salah satu calon atau partai politik dalam Pemilu Presiden (Pilpres), Pemilu Legislatif (Pilleg) dan saat pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Pedomani ketentuan-ketentuan di dalam aturan penggunaan kekuatan, bijak, berhati-hati dalam mengambil keputusan dan bertindak, jaga nama baik dan citra TNI Angkatan Laut serta selalu menjaga kepercayaan masyarakat. Semoga seluruh rangkaian dan tahapan Pemilu tahun 2024 sampai dengan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih dapat berjalan dengan lancar, damai dan aman sehingga tercipta suasana yang kondusif untuk pembangunan nasional”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Pos terkait