March 25, 2023 Jakarta
Dark Light

Inlink

Inlink > Gaya Hidup > Segudang Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Segudang Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

INLINK.ID Jakarta – Kunyit sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat indonesia, dimana kunyit dijadikan sebagai bumbu masakan dan dijadikan obat herbal. Jadi tidak heran kalau kunyit menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Nah simak penjelasan dari manfaat kunyit berikut ini:

1. Meredakan Gangguan Pencernaan dan Mulas

Saat ini Anda tak perlu ribet jika mengalami gangguan pencernaan dan juga rasa mulas di perut. Pasalnya, kurkumin yang ada dalam kunyit akan bekerja dengan empedu, lalu merangsang empedu tersebut bekerja dengan optimal, dan akan membantu pencernaan. Bahkan di Jerman, kunyit diresepkan untuk masalah gangguan pencernaan.

Pada beberapa penelitian lainnya, kunyit dapat membantu masalah untuk mengecilkan perut, perut kembung dan gas dalam perut. Selain itu, kunyit juga dapat membantu mengurangi terjadinya sindrom iritasi usus besar (IBS) pada orang yang sehat.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh. Artinya, sistem pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri penyebab penyakit yang ditingkatkan, bukan secara langsung membunuh kuman tersebut. Mengonsumsi air kunyit kuning secara rutin juga bisa membantu memerangi virus yang menginfeksi saluran pernapasan berkat adanya zat anti kataral.

3. Meredakan Peradangan

Zat aktif kurkumin dalam kunyit adalah antioksidan yang mengandung efek antiradang poten. Ada kurang lebih 200 miligram kurkumin dalam satu sendok teh kunyit segar yang diparut halus atau versi bubuknya.

Kurkumin diyakini bekerja memblokir kerja sitokin dan enzim penyebab inflamasi dalam tubuh. Kurkumin juga bekerja mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar histamin sementara meningkatkan produksi kortison alami di kelenjar adrenal.

Berangkat dari situ, berbagai hasil uji praklinis dari The AAPS Journal melaporkan khasiat kunyit yang menjanjikan untuk berbagai penyakit terkait peradangan. Mulai dari kanker, penyakit kardiovaskular, sindrom koroner akut, radang sendi, aterosklerosis, dan diabetes.

Namun, sampai sejauh ini belum ada satu pun penelitian besar yang mampu memverifikasi bukti-bukti khasiat antiradang kunyit pada manusia.

4. Mengobati Maag

Kuyit sudah sejak lama populer digunakan sebagai obat gangguan pencernaan alami. Maka ketika gejala maag kambuh, tidak ada salahnya menyeduh secangkir teh kunyit hangat untuk meredakan nyerinya.

Maag dapat muncul dipicu oleh timbulnya luka di lambung akibat infeksi bakteri H. pylori, konsumsi obat antinyeri jangka panjang, racun rokok, alkohol, dan makanan tertentu. Berbagai hal ini dapat mengikis lapisan dinding usus dan kerongkongan sehingga memicu refluks asam lambung naik.

Nah, penelitian dari jurnal Pharmacognosy Reviews mengamati efek curcumin mengobati peradangan akibat luka dan melindungi perut dari iritan-iritan tersebut dengan meningkatkan produksi lendir dinding lambung.

Selain itu, artikel dalam jurnal Systematic Reviews mengatakan kunyit membantu mengurangi frekuensi kekambuhan gejala maag. Sebab kurkumin dalam kunyit juga bekerja mengendalikan produksi asam lambung dan empedu berlebih.

5. Mengurangi Nyeri Saat Haid

Bagi kamu para perempuan yang sedang mengalami haid, sering kali perut terasa nyeri dan membuat tidak nyaman saat beraktivitas. Untuk para perempuan Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan jamu kunyit asam yang dipercaya dapat meredakan nyeri saat haid.

Bukan hanya mitos, jamu kunyit asam memang bisa meradakan nyeri saat haid. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kurkumin kunyit yang dapat melemaskan kontraksi rahim sehingga menyebabkan perut kram.

Selain itu, kunyit juga membantu mengurangi masuknya aliran ion kalsium pada sel-sel apitel rahim, serta mengurangi terjadinya produksi prostaglandin yaitu hormon yang mengakibatkan timbulnya rasa sakit.

6. Mengendalikan Gula Darah

Jika Anda punya diabetes, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan pengobatan alami untuk mengendalikan gula darah tetap stabil. Salah satu yang bisa Anda coba adalah kunyit.

Sebuah studi tinjauan terbitan tahun 2013 menunjukkan curcumin dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah. Penelitian lain menunjukkan bahwa suplemen ekstrak kunyit membantu meningkatkan fungsi insulin, menstabilkan kadar gula darah, dan membuat gejala diabetes lebih mudah ditangani.

Hal ini kemudian membantu menurunkan risiko komplikasi terkait diabetes yang diakibatkan oleh peradangan. Namun, masih perlu lebih banyak uji klinis lainnya untuk memastikan manfaat kunyit untuk diabetes.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.